SELAMAT DATANG DI BLOG KEMENTERIAN AGAMA KAB. BANGKA TENGAH ●SELAMAT HARI SANTRI NASIONAL 22 OKTOBER 2017 ● 5 NILAI BUDAYA KERJA KEMENTERIAN AGAMA : INTEGRITAS, PROFESIONAL, INOVATIF, TANGGUNG JAWAB DAN KETELADANAN ● BIAYA PENCATATAN NKAH DIBAGI DUA (1) GRATIS APABILA DILAKSANAKAN DI KUA PADA HARI DAN JAM KERJA; (2) DIKENAKAN BIAYA Rp. 600.000,- APABILA DILAKSANAKAN DI LUAR KUA DAN ATAU DILUAR HARI DAN JAM KERJA (PP 48 TAHUN 2014)

Rabu, 27 Februari 2019

H. Muhammadiah, S. Ag : “Ibadah Haji Merupakan Ibadah Fisik”



Koba (Bangka Tengah) -  Ibadah haji merupakan ibadah yang memerlukan kesehatan mental dan fisik, hal tersebut disampaikan kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bangka Tengah, H. Muhammadiah, S. Ag dalam kegiatan Sosialisasi Haji Sehat dan Pengukuran Kebugaran Jasmani Jemaah Calon Haji Kabuaten Bangka Tengah, di Gedung Balai Diklat Pemkab Bangka Tengah, Selasa (26/2).


Lebih lanjut kepala Kantor berpesan kepada seluruh JCH untuk selalu menjaga kesahatan, baik fisik maupun mental karena dalam beberapa bulan ke depan pelaksanaan ibadah haji akan dimulai.

“kalau selama ini habis shubuh masih kembali ke tempat tidur, ayo mulai sekarang tinggalkan kebiasaan tersebut dengan cara berolahraga ringan dan menjaga pola makan dengan teratur, karena haji itu ibadah fisik dan tidak lama lagi bapak ibu akan berangkat ke tanah suci,”kata Muhammadiah.

“Istitho’ah dalam Ibadah haji itu ada dua macam, yaitu istitho’ah dari segi finansial dan istitho’ah dari segi kesehatan,”jelas Muhammadiah.

Terakhir Muhammadiah berharap kepada seluruh Jemaah untuk mengikuti segala petunjuk dan arahan dari petugas kesehatan, jika saat ini ada yang sakit atau mengidap suatu penyakit segeralah untuk berkonsultasi dan berobat.

Sehingga sampai batas waktu jelang keberangkatan JCH ke Tanah Suci Mekah nanti para Jemaah sudah memenuhi persyaratan Istitho’ah tentunya dalam kondisi sehat semua.

Kepala Dinas Kesehatan Bangka Tengah, dr. H. Bahrun Siregar Sutrisno, M. Kes mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pembinaan sekaligus pemeriksaan kesehatan JCH dalam rangka mencapai Istitho’ah kesehatan jelang kebrangkatan ke tanah suci nanti.

sementara itu menurut penuturan Kasi Surveilans dan Imunisasi, Riki Hermanto, S.K.M. Jemaah yang usia 60 tahun ke atas masuk dalam kategori Resiko Tinggi (resti), namun dirinya memastikan pihak dinas kesehatan akan berusaha semaksimal mungkin untuk membantu dan membimbing Jemaah dalam upaya mencapai syarat istitho’ah kesehatan tersebut.

Dirinya berharap JCH Kabupaten Bangka Tengah sebanyak 177 orang tersebut dapat berangkat ke tanah suci dalam kondisi sehat dan prima.(eMHa)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar